Hasil Ujian Nasional 2016 Bagian 2 (Kabar dari Kemdikbud)

Hasil UN 2016 Diserahkan ke Panitia Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Bandung, Kemendikbud — Lembar jawaban ujian nasional (UN) siswa peserta ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) tahun 2016 telah selesai dipindai oleh 37 perguruan tinggi negeri (PTN). Mendikbud Anies Baswedan menyerahkan hasil pemindaian UN tersebut kepada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), yang diwakili Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemristekdikti, Intan Ahmad. Hasil UN selanjutnya diserahkan kepada Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Rochmat Wahab, untuk kemudian dijadikan sebagai salah satu pertimbangan seleksi calon mahasiswa masuk ke PTN.

Serah terima hasil UN dari Mendikbud ke Dirjen Belmawa Kemristekdikti berlangsung di sela-sela penyelenggaraan 2nd Strategic Dialogue for Education Ministers di Bandung, Jawa Barat, Kamis siang (28/4/2016). Penyerahan data hasil UN tersebut dilakukan lebih awal dari jadwal semula, yaitu 2 Mei 2016.

“Kami bersyukur menyerahkan hasil UN ini lebih awal dari yang dijanjikan. Semoga hasil UN bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.
Kami juga berharap kesempatan bagi anak-anak kita di seluruh Indonesia yang ingin mengenyam pendidikan lebih tinggi bisa lebih terbuka,” ujar Mendikbud Anies Baswedan.

Ia juga mengapresiasi panitia UN, panitia SNMPTN, serta Kemristekdikti atas kerja sama yang baik dalam menjalankan tanggung jawab di bidang pendidikan. Mendikbud berharap kerja sama semua pihak untuk dunia pendidikan bisa terus berlanjut dengan lebih baik.

“Perubahan di dalam penamaan nomenklatur tidak berdampak dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Tanggung jawab kita sebagai pemerintah sama, dan akan terus bekerja sama,” tutur Mendikbud.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Nizam, mengatakan, hasil UN secara keseluruhan, baik UNKP maupun UN berbasis komputer (UNBK), akan diserahkan panitia pusat UN (Kemendikbud) kepada panitia provinsi pada tanggal 3 Mei 2016. “Penjelasannya akan dilakukan ketika seluruh informasi statistik hasil UN disampaikan pada tanggal 3 mei itu,” ujar Nizam.

Pengumuman hasil UN sendiri akan dilakukan pada 7 Mei 2016, sesuai jadwal dalam Prosedur Operasional Standar (POS) UN yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hasil UN kemudian akan dijadikan sebagai salah satu pertimbangan seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Sumber: http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/04/hasil-un-2016-diserahkan-ke-panitia-seleksi-masuk-perguruan-tinggi-negeri

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>