(Edisi Ramadhan 2024) Kajian Kitab Taqrib Oleh “Muhammad Ibnu Najib, Lc., M.H”

(Edisi Ramadhan 2024) Kajian Kitab Taqrib Oleh “Muhammad Ibnu Najib, Lc., M.H” post thumbnail image

Pada hari Minggu, 12 Maret 2024, kegiatan pengajian kitab edisi Ramadhan yang dilaksanakan oleh SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang. Kegiatan diadakan di GSG (Gedung Serba Guna) Lt.2. Pengajian ini di narasumberi oleh Muhammad Ibnu Najib, Lc., M.H selaku guru mapel Fiqih. Pengajian ini membahas kitab “Taqrib” pada bab nikah. Beliau menerangkan bahwa “Hukum menikah adalah sunnah bagi pria atau wanita yang membutuhkannya. Dan nikah itu wajib apabila sekiranya tidak menikah dapat berakibat pada perbuatan zina. Pernikahan yang sah memiliki syarat dan rukun. Antara lain: ada wali, dua saksi dan ijab kabul. Adapun mahar menjadi hak seorang istri dan kewajiban suami untuk memberikannya. Resepsi atau walimah pernikahan juga disunnahkan walaupun dengan sederhana dengan tujuan untuk memberitahu kerabat dan tetangga terdekat akan terjadinya akad pernikahan dan hubungan sah adanya perkumpulan antara pria-wanita bukan mahram dalam satu rumah. Salah satu tujuan walimah adalah untuk menghindari fitnah”.

Ada beberapa poin yang dapat diambil dari beliau sampaikan diantaranya :

  1. Persyaratan Pernikahan: Penjelasan tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk sahnya pernikahan dalam Islam, seperti kesepakatan kedua belah pihak, wali nikah (wali yang sah), serta mahar (maskawin) yang disepakati.
  2. Prosedur Pernikahan: Penjelasan tentang prosedur atau langkah-langkah yang harus diikuti dalam melangsungkan pernikahan, termasuk pembacaan khutbah nikah, ijab qabul (penawaran dan penerimaan), serta kesaksian dari dua saksi yang adil.
  3. Hukum-hukum Pernikahan: Penjelasan tentang hukum-hukum dan aturan yang terkait dengan pernikahan dalam Islam, termasuk ketentuan tentang wali nikah, syarat sahnya pernikahan, serta kewajiban dan hak suami istri setelah pernikahan.

Pengajian kitab rutin ini adalah kegiatan tambahan di bulan Ramadhan yang diadakan SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT . Dengan mengkaji kitab-kitab tersebut, para siswa siswi dan civitas SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT diharapkan dapat mendapat barakah lebih pada bulan suci ini, juga mendapatkan ilmu mengenai hukum-hukum fikih, akhlak, dan hal-hal lain yang menjadi bahasan kitab.

Di akhir kegiatan ini dilanjutkan dengan bermusafahah oleh seluruh civitas antara siswa dengan bapak guru dan siswi dengan ibu guru.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post