UJIAN KOMPETENSI GURU (UKG)-TIK LOKAL TAHUN 2024

UJIAN KOMPETENSI GURU (UKG)-TIK LOKAL TAHUN 2024 post thumbnail image


Ahad, 31 Maret 2024, SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang CIS ID 113 terus melakukan pembenahan guna meningkatkan mutu dan kualitas sebagai sekolah yang lekat akan prestasi. Salah satu langkah yang dilakukan sekolah dengan melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG)-TIK Lokal yang digelar pada 31 Maret 2024.

Uji kompetensi guru dalam kemampuan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) ini adalah evaluasi untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pendidikan. Ini termasuk kemampuan guru dalam menggunakan perangkat lunak, aplikasi, perangkat keras, dan alat TIK lainnya untuk mendukung proses pembelajaran.

Berikut adalah beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam uji kompetensi guru TIK:

  1. Penguasaan Teknologi:
    • Evaluasi kemampuan guru dalam menggunakan berbagai perangkat dan perangkat lunak TIK, seperti komputer, laptop, tablet, dan perangkat mobile, serta aplikasi seperti Microsoft Office, Google Suite, dan platform pembelajaran daring.
  2. Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran:
    • Penilaian terhadap kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran, termasuk penggunaan multimedia, presentasi digital, platform pembelajaran daring, dan alat kolaborasi online.
  3. Pengelolaan Konten Digital:
    • Kemampuan guru dalam menciptakan, mengelola, dan menyajikan konten digital untuk pembelajaran, termasuk membuat materi pembelajaran digital, video pembelajaran, dan sumber daya pembelajaran interaktif.
  4. Kemampuan Pengajaran Jarak Jauh:
    • Evaluasi kemampuan guru dalam memberikan pembelajaran jarak jauh melalui platform virtual atau konferensi video, termasuk keterampilan dalam mengelola kelas daring, berinteraksi dengan siswa secara online, dan memanfaatkan fitur-fitur kolaborasi.
  5. Keamanan dan Etika Digital:
    • Penilaian terhadap pemahaman guru tentang keamanan digital, privasi data, dan etika penggunaan teknologi, serta kemampuan mereka untuk mengajarkan hal-hal tersebut kepada siswa.
  6. Evaluasi Hasil Pembelajaran:
    • Penilaian terhadap dampak penggunaan teknologi dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, termasuk kemampuan guru dalam menggunakan data dan analisis untuk mengevaluasi efektivitas pengajaran TIK.
  7. Pengembangan Profesional:
    • Evaluasi partisipasi guru dalam pelatihan dan pengembangan profesional terkait TIK, serta kemauan dan kemampuan mereka untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi baru.

Uji kompetensi guru dalam kemampuan TIK penting untuk memastikan bahwa guru memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengintegrasikan teknologi secara efektif dalam pembelajaran dan mempersiapkan siswa untuk sukses di era digital. Ini juga membantu mendukung peningkatan kualitas pembelajaran dan memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post