Visi dan Misi

A. Sejarah Singkat

Keberadaan SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang adalah buah perjuangan Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum dan dukungan warga masyarakat. Bermula dari SMA Darul Ulum 2 yang bertempat di Jl. Slamet Riyadi kota Jombang (1979-1994), kemudian menjadi SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang yang direlokasi di komplek pondok pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang (1994-2005).

Atas prestasi-prestasi yang telah dicapai, maka melalui Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Dikmenum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sekolah ini dipercaya sebagai salah satu sekolah di Indonesia untuk menyelenggarakan Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional (R-SMA-BI). SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang mengembangkan kurikulumnya dengan mengadaptasikan tiga kurikulum sekaligus, yaitu kurikulum Pondok Pesantren, Kurikulum Nasional dan kurikulum Cambridge yang pada sasaranya adalah mencetak generasi baru yang unggul dalam Imtaq, Iptek dan Akhlaqul Karimah dalam skala Nasional maupun Internasional.

Pada tanggal 10 Agustus 2010 kembali mengukir prestasi dengan memperoleh sertifikat penjaminan mutu Internasional ISO 9001:2008 tentang manajemen pendidikan bekerjasama dengan Unitet Registrar of System (URS) yang merupakan salah satu badan inspeksi dan verifikasi yang beroperasi di lebih dari 100 negara di dunia dan mendapat pengakuan dari UKAS Management System atau memperoleh sertifikat terakreditasi dari pemerintah Inggris.

Pada tahun pelajaran 2013/2014, sekolah dipercaya untuk menjadi pilot project pelaksanaan terbatas Kurikulum 2013, dan tahun 2014/2015 sekolah ditunjuk untuk melaksanakan UJIAN NASIONAL Berbasis Computer Based Test (CBT).

Pada Tahun Pelajaran 2015/2016 SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang akan berupaya lebih berkwalitas dan terdepan dalam menjamin mutu dan menjalin kerjasama dengan Institusi Pendidikan serta pakar Internasional dari berbagai belahan dunia untuk menciptakan anak didik serta alumni yang memiliki kemampuan keilmuan bertaraf Internasional serta tetap berteguh hati dalam membina keimanan dan ketaqwaan seperti yang tercantum dalam Visi dan Misi sekolah.

B. VISI DAN MISI
VISI
– Unggul dalam Iman dan Taqwa (Imtaq)
– Unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek)
– Unggul dalam Berakhlakul Karimah

MISI
1. Membentuk siswa yang dapat membedakan antara baik dan buruk
2. Memahami kandungan isi Alquran
3. Melaksanakan sholat berjamaah, istighosah, tahlil, ESQ, perayaan hari besar Islam dan lain-lain
4. Menyelenggarakan pendidikan secara terpadu antara sekolah, pondok, dan Cambridge International Examination (CIE)
5. Menyelenggarakan pembelajaran Full Days School
6. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
7. Mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat dikembangkan secara optimal
8. Mewujudkan peserta didik yang mampu berkompetisi di dalam negeri maupun di luar negeri
9. Melaksanakan pembinaan akademik dan non akademik secara intensif
10.Menfasilitasi kegiatan yang berbasis TIK serta saran pendukungnya
11.Melaksanakan kegiatan pembinaan English-Arabic seperti English-Arabic morning, English-Arabic day, English-Arabic challenge
12.Menerapkan sistem point dan Drop Out (DO)
13.Melaksanakan kegiatan bakti sosial dan green day