Keagamaan dan Standarisasi ISO (International Organization for Standardization)

Khodim Rejoso, 15 Juni 2021

Pendidikan di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang merupakan pendidikan bercirikan Islam, yang dinamis, inovatif dan berwawasan global. Dalam kurun waktu dua puluh tahun ini, telah mendapat kepercayaan yang begitu besar dari masyarakat, baik di tingkat kota Jombang, Jawa Timur dan bahkan Tingkat Nasional.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pesatnya arus informasi yang menggiring kita ke dunia global, SMA  Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang mendapat tantangan yang cukup berat untuk bisa berbicara di tingkat global. Oleh karena itu SMA  Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang senantiasa berusaha memberikan pelayanan pendidikan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan zaman. Tantangan yang menghadang hendaknya dapat diubah dan dijadikan peluang emas untuk meningkatkan Keimanan dan ketaqwaan, prestasi, dedikasi, loyalitas, dan tanggung jawab bagi pengemban amanah.

Peranan mental spiritual sangat penting dalam membentuk pribadi yang berakhlak mulia. Oleh karena itu program peningkatan Keimanan dan ketaqwaan di SMA  Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang senantiasa diupayakan dan diselaraskan dengan kebutuhan program serta visi  dan misi sekolah dan Pondok Pesantren baik masa kini maupun masa mendatang.

Dalam kehidupan agama pun pasti ada aturan, tatanan, batasan dalam pelaksanaannya, sehingga dalam Islam ada istilah yang disebut dengan istiqomah (disiplin, dan terus menerus). Karenanya, dalam rangka ikhtiyar untuk meraih keinginan dan tujuannya, SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang menerapkan standar ISO 9001:20015, untuk meningkatkan mutu pelayanan, termasuk dalam bidang kepondokan/kegamaan, yang pada tanggal 14 Juni 2021 kemarin telah melaksanakan Audit Internal ke 2.

SMA Darul Ulum 2 menerapkan ISO bukan untuk tujuan industri, gengsi, atau sebagai barang komoditi dan lain sebgainya, tetapi semata-mata hanya bertujuan mengambil sisi manfaat menata administrasi dalam sebuah lembaga untuk pelayanan terhadap anak didik/santri/siswa.  Oleh karena itu dalam bidang kegamaan, aturan dan tata tertib untuk mendapatkan pelayanan dalam mengkaji, memahami dan menerapkan materi kegamaan  juga di ata dan atur sedemikan rupa dengan standar-standar yang sudah ditetapkan.

 

Sebuah ungkpan bijak yang patut direnungkan, mengatakan

 

اَلْحَقُّ بِلَا نِظَامٍ يَغْلِبُهُ اْلبَاطِلُ بِالنِّظَامِ

“Kebenaran yang tidak terorganisir dapat dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir”

Musthafa Shabri Afandi (w. 1373 H/1954 M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code