SOSIALISASI PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

  

Pada Hari Rabu, Tanggal 24 Agustus 2022 SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT melaksanakan kegiatan sosialisasi pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan ini dilaksanakan dengan para bapak/ibu guru pengajar Kelas X, acara ini dibuka oleh Bapak Didik Sadianto selaku Kepala Sekolah SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT. Sebagai sekolah yang pertama kali melaksanakan implementasi Kurikulum Merdeka di lingkup Pondok Pesantren Darul Ulum, SMA DU2 UBPPT merancang sedemikian rupa pelaksanaan di lapangan agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT dilaksanakan di setiap akhir bulan Agustus, September dan Oktober. Pelaksanaan ini dilaksanakan di setiap akhir bulan mulai tanggal 27. Setiap tahun kelas X mengerjakan tema minimal tiga, tema tersebut yang tertuang dalam Profil Pelajar Pancasila antara lain: 1) Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, 2) Mandiri, 3) Bernalar Kritis, 4) Berkebhinekaan Global, 5) Bergotong Royong dan 6) Gotong Royong. Namun pada pelaksanaan di tahun pertama ini sekolah mencanangkan tema Kewirausahaan, Bhineka Tunggal Ika dan Bangunlah Jiwa dan Raga.

Pemilihan tema-tema di atas berdasarkan kesepakatan dan upaya pengenalan agar tujuan tercapai. Hal ini sesuai yang disampaikan oleh Ibu Anis Nur Laili selaku Waka Kurikulum I SMA DU2 UBPPT “Alasan pemilihan tema-tema ini karena kami melihat kemudahannya dulu, karena memang ini kan pelaksanaan awal. Di lingkup Darul Ulum baru sekolah ini yang melaksanakan, sehingga keinginan kami agar tujuan yang dicanangkan pemerintah tercapai” ujarnya.  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bertujuan untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code