(Edisi Ramadhan 2023) Kajian Ta’lim Muta’alim oleh Dr. KH. Afifuddin Dimyath, MA.

Pada hari Senin 03 April 2023, SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang menyelenggarakan kegiatan Kajian Rutinan di bulan Ramadhan. Pada kegiatan kajian hari Senin dipimpin langsung oleh Beliau Bapak Dr. KH. Afifuddin Dimyath, MA, kitab Ta’lim Muta’ali di bab Wira’i dalam masa belajar. Wira’i merupakan menjaga diri dari perkara haram.

Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa yang tidak melakukan wira’i selama belajar, maka Allah SWT memberi cobaan kepadanya salah satu diantara tiga perkara yaitu:
1. Mati dalam usia masih muda
2. Orang tersebut ditempatkan di perdesaan (orang-orang yang bodoh)
3. Dijadikan pegawai (pengabdi) raja
Sekira seseorang ketika mencari ilmu itu dapat menjaga dirinya untuk lebih wiro’i (bertaqwa dan menjaga hati dan akhlaq lebih mulia), maka ilmunya akan lebih bermanfaat, lebih mudah belajarnya dan memperoleh faedah yang lebih banyak.
Termasuk dari perbuatan wira’i adalah:
1. Menjaga diri dari kekenyangan
2. Terlalu banyak tidur
3. Banyak bicara (membicarakan sesuatu yang tidak ada manfaatnya)
4. Sebisa mungkin menjaga agar jangan sampai memakan jajanan pasaran, karena makanan pasar mudah terkena najis dan kotoran, jauh dari dzikrillah (mengingat Allah), bahkan membuat lengah dari Allah SWT. Dan juga bagi orang fakir hanya mampu melihat jajanan, sedang mereka tidak mampu untuk membelinya justru hanya membuat sakit hati para fakir sehingga berkahnya jajanan pasar hilang karena hal-hal tersebut.
Maka para siswa/siswi dan santri pencari ilmu agama hendaknya menjauhi itu semua, agar ilmunya berkah bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post