Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Tahapan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Putaran 3 dilaksnakan pada bulan Maret, Mei dan Juli 2023. Tema yang diambil pada tahun pelajaran ini adalah Kewirausahaan, Bhinneka Tunggal Ika dan Bangunlah Jiwa Raganya.
Adapun topic dari Kewirausahaan adalah “Menggali Potensi Daerah melalui Pengembangan dan Diversifikasi Tahu Kuliner Khas Jombang”. Pada Putaran 3 ini tema kewirausahaan diikuti oleh kelas X-05, X-06, X-11 dan X-12. Diantara kegiatannya adalah kunjungan ke Home Industry Tahu di sekitar Pondok Pesantren, membuat maket rencana usaha masa depan dan mempresentasikannya dan akan di pamerkan saat kegiatan akhir projek (gelar karya).
Tema Bhinneka Tunggal Ika mengambil topic Pernikahan Adat Nusantara, yang mana dalam putaran 3 ini siswa mengambil Pernikan adat Madura dan Makassar. Kegiatan yang dilakukan siswa adalah mengenal pernikahan adat dan juga mengorganisasi acara pernikan dengan mendatangkan narasumber Wedding Organisation “YOLA” Jombang. Selain itu, siswa dibekali dengan pengetahuan dan praktik syarat dan rukun pernikahan dengan nara sumber dari ustad SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT. Kemudian siswa merancang kegiatan pernikahan yang akan dipamerkan saat gelar karya nanti.
Sedangkan Tema Bangunlalah Jiwa Raganya mengambil topic Lawan Perundungan Dunia Maya dan Pesantren. Kegiatan meliputi mengenal perundungan dan dampaknya baik melalui artikel, film dan mendatangakan narasumber luar. Narasumber yang dilibatkan adalah Lapsidu (Lembaga Psikologi Darul Ulum), Tim WCC (Women Crisis Centre) serta Tim Pembina Pramuka. Selain itu siswa membuat slogan anti perundungan dan mensosialisasikannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post