Pengajian Rutin Oleh Drs. KH. Muh. Iqbal Hasyim

Pengajian Rutin Oleh Drs. KH. Muh. Iqbal Hasyim post thumbnail image

Pada Hari Sabtu, 04 Mei 2024 SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT menyelenggarakan kegiatan Kajian Ta’lim Muta’alim yang disampaikan oleh Drs. KH. Muh. Iqbal Hasyim. Pada kesempatan kali ini Drs. KH. Muh. Iqbal Hasyim menyampaikan isi dalam Kitab Ta’lim Muta’alim pada bab tawakal beliau menjelaskan bahwa :

“Arti pasrah umpama santri duduk manis membawa kitab dan bulpoint mengaji antara faham atau tidak itu urusannya gusti Allah SWT. Serta ketika santri waktu mondok tidak boleh susah dengan urusan sangu karena itu bukan ranah santri dalam mencari ilmu namun ranahnya orang tua. Dan juga santri itu hatinya jangan sampai terpengaruh oleh masalah sangu, sebab akan menjadi sebuah kendala dalam perjalanan mereka mencari ilmunya Allah SWT.”

Belia juga berpesan “Siapa yang belajar sungguh-sungguh dalam memahami ilmu agama, nisacaya Allah SWT akan mengabulkan cita-citanya serta keinginannya, dan mempermudah rezekinya.”

Santri jika mencari ilmu niat awalnya jangan sampai salah, serta santri harus bisa mengatur nafsu jika kamu tidak bisa mengatur nafsu kamu, kamu nantinya akan di atur oleh nafsumu.

“Adapun santri itu kalau mondok ibarat seperti Metamorfosis kupu-kupu yang mana tahapan pertama berawal dari telur menjadi Ulat akan menjadi kepompong dan selama menjadi kepompong dia itu tidak makan dan minum (puasa) selama 10-12 hari dan setelah melewati masa itu ulat yang ada didalam kepompong akhirnya menjadi kupu-kupu. Artinya santri itu mencari ilmu dari nol, dan selama menjadi santri tirakat itu perlu dalam mencari ilmu, dan nanti hasilnya akan berbuah.”

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post