RAPAT AWAL SEMESTER GANJIL 2024-2025

RAPAT AWAL SEMESTER GANJIL 2024-2025 post thumbnail image

Pada Hari Senin, 08 Juli 2024 SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT mengadakan kegiatan rapat awal Tahun Ajaran Semester Ganjil 2024/2025. Rapat ini dihadiri oleh seluruh bapak/ibu guru SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT.

Dalam rapat kali ini, diawali dengan Istighosah yang dipimpin oleh Ustadz Moh. Syarifudin, M.Pd. Selanjutnya agenda rapat semester ganjil yang dipimpin oleh kepala sekolah bapak Didik Sadianto, M.Pd. beliau menyampaikan jam operasional kerja bapak/ibu guru, serta menyelesaikan hasil revisi visi, misi, serta tujuan sekolah, karena terdapat perubahan pada visi, misi, dan tujuan sekolah.

Hasil revisi Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah

A

Visi Sekolah

A1 Unggul dalam iman dan taqwa (Imtaq)
A2 Unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek)
A3 Unggul dalam Berakhlaqul karimah
B

Misi Sekolah

B1 Membentuk  siswa yang dapat membedakan antara yang baik dan buruk
B2 Memahami kandungan isi Al Qur’an
B3 Melaksanakan sholat berjamaah, istighosah, tahlil, ESQ, perayaan hari besar Islam dan lain-lain
B4 Menyelenggarakan pendidikan secara terpadu antara sekolah, pondok, dan Cambridge Assessment International Education  (CAIE)
B5 Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran full days school
B6 Menumbuhkan semangat keunggulan kepada seluruh warga sekolah secara intensif
B7 Mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat dikembangkan secara optimal
B8 Mewujudkan peserta didik yang mampu berkompetisi di dalam negeri maupun di luar negeri
B9 Melaksanakan pembinaan akademik dan nonakademik secara intensif
B10 Memfasilitasi kegiatan yang berbasis TIK dan sarana pendukungnya
B11 Melaksanakan kegiatan pembinaan Bahasa Inggris, Arab, Perancis, Karya Tulis, dan Debating
B12 Melaksanakan pembinaan Tahfidzul Qur’an
B13 Melaksanakan pembinaan Robotic
B14 Menerapkan sistem point prestasi dan pelanggaran
B15 Melaksanakan kegiatan bakti sosial dan green day
B16 Melaksanakan manajemen mutu ISO 9001:2015
B17 Melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS)
B18 Melaksanakan Pembelajaran Berdifferensiasi
C

Tujuan Sekolah

C1 Siswa dapat melaksanakan ibadah wajib (thoharoh dan sholat) secara baik dan benar serta istiqomah
C2 Siswa dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan benar
C3 Siswa dapat mengkaji Al Qur’an dan Kitab Kuning  secara tematik
C4 Siswa dapat menghafal surat-surat pendek,  pilihan, hadist,  istighotsah, doa sehari-hari, dan tahlil
C5 Capaian pembelajaran setiap semester untuk Kelas X, XI dan XII; Sebanyak 15% mencapai predikat Mahir, 70 % mencapai predikat Cakap, 15% mencapai predikat Berkembang
C6 Lulusan mendapatkan nilai pada Ujian Akhir Darul Ulum Tulis  per mata pelajaran minimal 60 (Enam Puluh) dengan rata-rata seluruh mapel minimal 80 (Delapan Puluh).
C7 Lulusan mendapatkan nilai pada Ujian Akhir Darul Ulum Praktik dengan rata-rata nilai seluruh mata uji minimal 87 (Delapan Puluh Tujuh) dengan rata-rata nilai per mata uji minimal 85 (Delapan Puluh Lima).
C8 Lulusan mendapatkan nilai pada Ujian Satuan Pendidikan (USP) per mapel minimal 75 (Tujuh Puluh Lima)  dengan rata-rata seluruh mapel minimal  78 (Tujuh Puluh Delapan)
C9 Mencapai persentase kelulusan sebesar 100 %.
C10 Lulusan yang melanjutkan studi pada tahun pertama mencapai 95%
C11 Lulusan diterima dengan jalur SNBP/SPAN-PTKAIN mencapai 25% dari peserta eligble
C12 Lulusan diterima dengan jalur SNBT/UM-PTKAIN mencapai 30% dari jumlah pendaftar tes masuk
C13 Lulusan diterima di PTN dan Ikatan Dinas mencapai 75%
C14 Lulusan diteriam di PT luar negeri mecapai 1%
C15 Setiap lulusan memperoleh serifikat Cambridge atau sertifikat internasional lainnya yang setara dan atau sertifikat Tahfidzul Qur’an
C16 Setiap bidang pada Olimpiade Sains Nasional Provinsi (OSN-P) diwakili oleh minimal satu siswa
C17 Siswa dapat mewakili Kabupaten Jombang di Olimpiade Sains Nasional Provinsi (OSN-P) sebanyak minimal enam belas siswa.
C18 Siswa dapat mewakili Provinsi Jawa Timur di Olimpiade Sains Nasional (OSN) sebanyak minimal lima siswa.
C19 Siswa dapat meraih medali pada OSN sebanyak minimal tiga siswa
C20 Siswa dapat mewakili Indonesia ke Olimpiade Sains tingkat Internasional sebanyak minimal satu siswa.
C21 Minimal ada 3 bidang/Cabang lomba pada Kompetisi Sains Madrasah lolos ke tingkat Provinsi (KSM-P)
C22 Siswa dapat mewakili Kabupaten Jombang di Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi (KSM-P) sebanyak minimal 5 (lima) siswa.
C23 Siswa dapat mewakili Provinsi Jawa Timur di kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional sebanyak minimal 1 (satu) siswa.
C24 Siswa dapat mewakili Lomba Debat tingkat provinsi untuk bidang LDBI dan NSDC
C25 Siswa dapat menjuarai Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)/Festival Literasi Sekolah (FLS) tingkat Kabupaten sebanyak 3 (tiga) siswa.
C26 Siswa dapat mewakili Kabupaten Jombang dalam FLS2N/FLS tingkat Propinsi sebanyak 1 siswa.
C27 Siswa dapat mewakili Provinsi Jawa Timur pada FLS2N tingkat Nasional minimal 1 (satu) bidang kategori.
C28 Siswa dapat menjuarai Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten sebanyak 2 (dua) siswa.
C29 Siswa dapat mewakili Kabupaten Jombang dalam O2SN tingkat Propinsi sebanyak 1 siswa.
C30 Siswa dapat mewakili Provinsi Jawa Timur pada kegiatan O2SN minimal 1 (satu) bidang olahraga.
C31 Siswa/ kelompok siswa dapat menjadi Finalis Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) minimal dua siswa/ kelompok.
C32 Siswa/ kelompok siswa dapat menjadi Finalis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) minimal satu siswa/ kelompok siswa.
C33 Siswa dapat memenangkan 70 % dari kompetisi akademik/ nonakademik yang diikuti pada tingkat regional, nasional ataupun internasional per triwulan
C34 Seluruh siswa memperoleh piagam lomba baik akademik dan nonakademik dengan predikat juara/ medalis
C35 Menguasai IPTEK dengan rincian : 90% siswa dapat mengoperasikan Microsoft Office,90 % mampu dalam editing video dan meraih juara robotik minimal 1 tim.
C36 Dua Puluh lima persen (25%) lulusan mendapatkan nilai TOEFL yang setara minimal 450.
C37 Siswa Tahfidzul Qur’an dapat lulus Ujian Munaqosah Tahfidzul Qur’an dengan nilai minimal Baik.
C38 Siswa dapat menguasai bahasa Arab dengan predikat minimal C (Muhadatsah dan Nahwu Shorof).
C39 Seluruh siswa dapat menghasilkan satu karya Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam satu tahun.
C40 Siswa kelas X menghasilkan 3 (tiga) tema projek dan kelas XI serta XII menghasilkan 2 (dua) tema Projek Penguatan Pelajar Profil Pancasila (P5).
C41 Siswa kelas X dan XI menghasilkan satu unit inquiri
C42 100 % Siswa kelas X menghasilkan Rancangan Business Plan baik secara individu maupun kelompok dalam satu tahun.  Siswa kelas XI dan XII menghasilkan karya Literasi.
C43 100% Siswa dapat menggunakan peralatan laboratorium.
C44 Siswa dapat membudayakan disiplin dan pembiasaan profil pelajar Pancasila.
C45 Siswa dapat memiliki empati terhadap orang lain.
C46 Siswa dapat melaksanakan budaya bersih dan peduli lingkungan: (a) 100% sekolah menyediakan tempat sampah di berbagai sudut, (b)   90% siswa terbiasa membuang sampah pada tempatnya , dan c) 80% siswa berempati ketika terdapat sampah yang tidak pada tempatnya.
C47 Siswa dapat melaksanakan budaya bersih dan peduli lingkungan.
C48 Capaian siswa dalam numerasi pada Assessmen Nasional mencapai skor 99% dari skala 100 (80 % kategori diatas/mahir dan 20 % kategori mencapai/cakap)
C49 Capaian siswa dalam lietarasi pada Assessmen Nasional mencapai skor 99% dari skala 100 (80 % kategori diatas/mahir dan 20 % kategori mencapai/cakap)
C50 Siswa dapat mencapai skala 100 pada Assessmen Nasional untuk kemampuan karakter

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post