SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang mengirimkan tiga guru terbaiknya untuk mengikuti Pelatihan Pembelajaran Mendalam yang diselenggarakan oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung pada 2-7 Agustus 2025 di SMAN 3 Jombang. Ketiga guru tersebut adalah Anis Nur Laili dari rumpun IPA, Hanik Farida dari rumpun Bahasa, dan Enik Farida dari rumpun IPS. Pelatihan ini merupakan bagian dari program prioritas yang didukung oleh dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kinerja, yang diberikan kepada sekolah dengan kemajuan terbaik pada tahun 2025.
Kepala SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT, Didik Sadianto, menyambut baik partisipasi para guru. “Kami sangat mendukung inisiatif ini. Pelatihan ini menjadi kesempatan emas bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Kami berharap ilmu yang didapat bisa diimplementasikan secara optimal, sehingga berdampak positif pada prestasi dan kualitas pendidikan siswa,” ujar Didik. Ia menambahkan, peningkatan kompetensi guru adalah kunci utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan efektif.
Pelatihan ini dirancang dengan format blended learning, memadukan sesi daring dan luring. Para peserta, termasuk guru dari SMA Darul Ulum 2, harus mengikuti pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman materi. Tahap awal ini, yang disebut IN-1, akan dilanjutkan dengan tahap ON-1, yaitu implementasi di sekolah, sebelum kembali ke tahap IN-2 pada bulan November mendatang. Pendekatan ini memastikan materi yang didapat tidak hanya teoritis, melainkan juga dapat dipraktikkan langsung di lingkungan sekolah.
Enik Farida, salah satu peserta dari rumpun IPS, menyampaikan antusiasmenya. “Materi yang disampaikan sangat relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Kami belajar banyak tentang metode-metode baru yang bisa membuat siswa lebih aktif dan kritis. Ini menjadi bekal berharga untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa,” ungkap Enik. Ia optimistis, hasil pelatihan ini akan membawa dampak positif yang signifikan bagi kemajuan pendidikan di sekolahnya.